Kategori
Umum

Biaya Hidup Mahasiswa Di Malang

Michellehatchermedia – Sebagai salah satu kota impian pelajar, berapakah biaya yang harus dikeluarkan bagi pelajar untuk tinggal di Malang? Apakah Sobat Pintar juga bercita-cita untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi di kota ini?

Migrasi ke Malang, seperti kota lain, tidak bisa dilakukan tanpa persiapan yang matang. Dari ujung Sabang hingga Merauke, biaya hidup di berbagai kota di Indonesia bervariasi. Begitu pula dengan kehidupan di Malang. Lantas berapa biaya hidup di Malang bagi mahasiswa asing? Berikut dilansir dari academia.co.id

Tempat dan biaya kost di Malang

Dikenal sebagai kota pelajar, tidak sulit mencari dana pensiun pelajar di Malang. Lokasi boarding di kota ini pun beragam. Ada yang berbentuk kamar dengan fasilitas yang beragam, dari apartemen hingga kontrakan.

Untuk menekan biaya hidup di Malang, para pelajar migran kerap menyewa rumah bersama. Harga sewa rumah di Malang berkisar puluhan hingga puluhan juta rupiah per tahun tanpa furnitur. Untuk biaya rutin seperti listrik, air dan internet, setiap penyewa biasanya bekerja sama lagi setiap bulan.

Jangan khawatir tentang mengelola rumah sewa? Dia hanya tinggal di pensiun, man. Biaya kos di Malang juga bervariasi, tergantung fasilitas di tiap kamar. Misalnya, ruang kost dengan kamar mandi pribadi seringkali ditawarkan dengan harga yang lebih tinggi daripada ruang kost yang berbagi kamar mandi dengan teman kost lainnya.

Harga pengiriman juga berbeda, ada yang bulanan, dua tahunan, atau tahunan. Secara umum, ongkos kirim ke Malang berkisar ratusan ribu rupiah. Tapi lokasi pensiun juga penting, sobat. Semakin dekat dengan kampus dan fasilitas umum seperti transportasi umum maka semakin tinggi pula harga kos yang ditawarkan.

Apakah uang bukan masalah bagimu? Kalau begitu, kamu bisa pilih apartemennya ya. Menyewa dan tinggal di apartemen sepertinya lebih hemat bagi Sahabat Pintar yang tidak memiliki kendala finansial. Pasalnya, layanan yang ditawarkan di apartemen jauh lebih lengkap dan nyaman dibandingkan dengan sewa rumah dan kamar tamu pada umumnya.

Gaya hidup dan variasi makanan di Malang

Mengapa Anda tidak bisa memisahkan gaya hidup dari anggaran makanan selama tinggal di Malang? Karena di Malang ini kamu punya banyak pilihan cara menikmati makanan, Sobat.

Mahasiswa yang memilih makanan dari warung dekat kampus atau di rumah kos pada akhirnya menanggung biaya hidup yang lebih rendah di Malang dibandingkan mereka yang sering makan dan sering ke kafe. Jika Anda memilih menu warung rumahan yang sederhana, biaya makan berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 25.000.

Di sisi lain, siapkan budget ekstra jika berencana makan dan nongkrong di restoran atau kafe yang kini lebih mudah ditemukan di Malang. Menu yang ditawarkan di restoran “tanpa warung” ini rata-rata harganya di atas Rp 25.000.

Harga di atas bukanlah ukuran yang mutlak. Misalnya, sebotol air mineral di bar harganya kurang dari Rp 25.000. Tak ayal, jika Anda ingin menekan biaya hidup di Malang, memasak makanan sendiri adalah pilihan paling cerdas dan sehat.

Transportasi pelajar ke Malang

Sebagai siswa yang multitugas, transportasi merupakan rutinitas yang tak terhindarkan. Jadi, jangan lupa juga untuk mempertimbangkan transportasi sebagai bagian dari biaya hidup, sob.

Beberapa pelajar di Malang belajar menggunakan kendaraan pribadi, bahkan sepeda motor. Sementara untuk sebagian lainnya, mobilitas mereka sangat bergantung pada angkutan umum. Terlepas dari itu, masih ada biaya dan pengeluaran untuk kedua jenis mobilitas siswa tersebut. Ya, biaya hidup kuliah di Malang tidak lepas dari biaya transport.

Dengan kendaraan pribadi, pengeluaran Anda terkait dengan harga bahan bakar dan layanan kendaraan. Sedangkan jika mobilitas Anda menggunakan angkutan umum, pengeluaran Anda dipengaruhi oleh tarif angkutan di Malang. Saat ini tarif angkutan umum sekali jalan berkisar Rp 4.000.

Pengeluaran dan hiburan lainnya

Saat belajar, jangan lupa bersenang-senang. Oleh karena itu biaya hidup pelajar di Malang pada industri entertainment sangat subyektif, sesuai dengan selera dan keadaan finansial kita.

Sebagai pengingat, para orang tua pasti akan memberkati kami karena kami akan pergi ke luar negeri untuk belajar demi masa depan yang lebih baik. Ada harapan dan doa yang masuk ke setiap uang dolar yang dikirimkan kepada kita. Jadi berbaik hati dan bertanggung jawab atas pengeluaran Anda, man.