Kategori
Tutorial

Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Untuk bisa mengecek spesifikasi PC atau laptop bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan ada lebih dari satu cara untuk melihat spesifikasi lengkap laptop dan komputer, seperti jenis tampilan, penyimpanan, RAM, dll.

Meskipun ini adalah pekerjaan yang sangat mudah, sangat jarang orang memeriksa spesifikasi laptop mereka. Akibatnya, banyak dari mereka bahkan tidak tahu bagaimana cara mengecek spesifikasi laptop atau komputer mereka sendiri.

Padahal mengecek spesifikasi laptop tidak wajib, tidak ada salahnya bukan? Ini dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin membeli laptop atau memperbaiki sistem laptop Anda.

Apalagi jika kamu sudah mengetahui spesifikasi komputernya, kamu bisa menyesuaikan spesifikasi yang dibutuhkan untuk sebuah game atau aplikasi agar bisa dengan mudah di instal di laptop atau komputer kamu cara mengatasi baterai laptop cepat habis

Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Memeriksa spesifikasi laptop dan komputer Windows pada dasarnya sama, jadi menggunakan Windows XP, Windows 7, Windows 8, atau Windows 10 tidak akan jauh berbeda.

Ada cukup banyak pilihan untuk mengetahui spesifikasi laptop, Anda bisa menggunakan fungsi built-in Windows atau menggunakan aplikasi atau software tambahan.

1. Melalui Control Panel

Melihat spesifikasi melalui panel kontrol adalah metode paling sederhana dan termudah. Anda hanya perlu melakukan beberapa klik saja untuk melihat spesifikasi laptop atau komputer yang Anda gunakan.

Informasi yang diberikan adalah edisi Windows, jenis Windows, prosesor, RAM, jenis sistem, nama komputer dan banyak lagi.

2. DirectX atau DXdiag

DirectX adalah alat Windows bawaan yang dirancang untuk melihat spesifikasi perangkat keras, menguji perangkat lunak, dan melihat driver yang digunakan untuk audio dan video di komputer atau laptop.

Anda dapat menavigasi ke menu, tampilan, render, suara, atau sistem tab input untuk spesifikasi lengkap.

3. Cara Cek Spesifikasi Laptop dari CMD

Command Prompt atau yang sering kita sebut CDM juga bisa digunakan untuk melihat spesifikasi lengkap laptop dan komputer Windows. CMD sendiri adalah utilitas bawaan untuk sistem operasi Windows, jadi tidak perlu menginstal aplikasi tambahan apa pun.

Prosesnya hanya membutuhkan waktu beberapa detik. Setelah itu, Anda bisa mengetahui spesifikasi lengkap laptop dan komputer Anda di jendela CMD.

4. CPU-Z

Jika cara di atas hanya menggunakan fungsi bawaan Windows, cara selanjutnya adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga. CPU-Z adalah aplikasi yang cukup kuat untuk memeriksa spesifikasi PC dan laptop

Aplikasi CPU-Z dapat memberikan informasi rinci seperti nama prosesor, kecepatan inti, motherboard, slot RAM, dan banyak lagi. Anda hanya perlu memindahkan tab menu di CPU-Z sesuai informasi yang Anda inginkan.

Berikut 4 cara Sudutpc.com untuk melihat spesifikasi komputer atau laptop yang dapat Anda coba untuk memeriksa spesifikasi sistem lengkap di Windows. Dengan mengetahui informasi tersebut, kini Anda bisa lebih mudah mengatur spesifikasi game atau aplikasi sebelum memasangnya di laptop Anda.