Kategori
Pelajaran

Contoh Kebutuhan Primer Yang Dibutuhkan Manusia

Hacther Media – Seperti yang kalian ketahui? Untuk dapat bertahan hidup dan berkembang biak, kita sebagai manusia membutuhkan berbagai kebutuhan yang harus disediakan. Kebutuhan-kebutuhan tersebut digolongkan sesuai dengan itensitas atau kepentingannya masing-masing dan pada dasarnya digolongkan menjadi 3 golongan, yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier. Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas secara singkat tentang kebutuhan primer, seperti pengertian dan contoh kebutuhan primer itu sendiri dan berikut adalah penjelasannya dari Poker Online

Kebutuhan primer merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh setiap manusia. Kebutuhan ini bersifat wajib dan harus dipenuhi oleh setiap manusia yang ingin bertahan hidup dan berkembang biak. Kebutuhan primer mencakup sandang, papan dan pangan.

1. Sandang

Sandang merupakan kebutuhan yang berbentuk atau berupa pakaian. Sebagai makhluk yang berbudaya, kita sebagai manusia sangat membutuhkan kebutuhan yang satu ini. Kebutuhan ini berfungsi untuk melindungi diri dan menutupi seluruh atau sebagian tubuh agar terhindar dari kondisi cuaca yang panas ataupun dingin. Pada awalnya, manusia memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di alam untuk membuat pakaian, seperti dari kulit kayu dan hewan. Sekarang, setelah berkembangnya zaman, manusia menggunakan teknologi pemintal yang mengubah kapas menjadi benang yang kemudian ditenun untuk dijadikan sebagai bahan pakaian. Zaman sekarang, pakaian juga berfungsi untuk memberikan kenyamanan yang sesuai dengan jenis-jenis kebutuhan seperti pakaian kerja, pakaian rumah, pakaian tidur dan lain sebagainya.

Contoh kebutuhan primer sandang (pakaian) adalah baju, celana, jaket, dan celana dalam.

2. Papan

Papan merupakan kebutuhan manusia untuk membuat tempat tinggal. Kebutuhan ini memiliki fungsi sebagai tempat berteduh dan berlindung dari kondisi cuaca yang tidak bersahabat serta berlindung dari serangan makhluk atau binatang buas yang mengancam.

Selain itu, tempat tinggal dapat manusia manfaatkan sebagai tempat untuk berkembang biak. Karena, fungsi papan ini dapat kalian manfaatkan juga sebagai tempat tinggal untuk keluarga.

Contoh kebutuhan primer papan (tempat tinggal) adalah rumah, apartemen, hotel dan kontrakan.

3. Pangan

Pangan adalah kebutuhan paling utama bagi manusia. Pangan dibutuhkan manusia secara kuantitatif maupun secara kualitatif. Tanpa tersedianya kebutuhan pangan, kemampuan manusia untuk bertahan hidup ataupun berkembang biak akan menurun secara signifikan. Karena, ketika manusia akan melakukan sesuatau hal, asupan gizi sangat berpengaruh terhadap hal tersebut. Dan perlu kalian ketahui, manusia hanya dapat bertahan tanpa makan selama 3 minggu dan tanpa minum selama 4 sampai 7 hari saja, tergantung situasi disekitarnya. Jadi, sangat penting memperhatikan kebutuhan yang satu ini.

Contoh kebutuhan primer pangan adalah makanan berupa nasi, sagu, jagung dan daging, serta minuman berupa air.

Ketiga hal tersebut memiliki jenis dan bentuk yang berbeda di setiap wilayahnya, tetapi tetap memiliki fungsi dan tujuan yang sama. Selain itu, terdapat beberapa hal yang dapat manusia jadikan sebagai pelengkap kebutuhan primer yang fungsi dan peranannya tidak kalah penting dari sandang, papan maupun pangan, yaitu:

  • Identitas
  • Keluarga dan Teman
  • Privasi
  • Pengakuan
  • Pendidikan
  • Pekerjaan
  • Kesehatan, Keselamatan, dan Keamanan
  • Informasi dan Pengetahuan
  • Ketentraman
  • Kasih Sayang
  • Mencintai dan Dicintai
  • Menghargai dan Dihargai

Itulah, penjelasan tentang kebutuhan primer yang dibutuhkan oleh setiap manusia di muka bumi ini. Setiap kebutuhan tersebut memiliki peran dan kepentingannya masing-masing, tetapi kita tetap harus memperhatikan semuanya karena di setiap kebutuhan memiliki keterkaitan terhadap kebutuhan yang lainnya. Semoga bermanfaat!