Kategori
Umum

Jangka Waktu Service AC Mobil Dan Jenis Perawatannya

Michellehatchermedia – Saat ini, hampir semua mobil penumpang menggunakan AC. Karena sebaliknya suhu udara di dalam kabin akan tinggi dan membuat tidak nyaman. Maka dari itu perlu kita pahami jangka waktu service AC mobil agar AC tetap sejuk dan bisa bekerja maksimal.

Menurut Susanto, product manager CoolKars Serpong (Viva, 05/01/2019), masa servis AC mobil dibagi menjadi 3 bagian, … yang dalam bahasa sederhananya digolongkan sebagai “service ringan “dan” layanan yang lebih baik “.

Nah, yang jadi pertanyaan, kapan waktu yang direkomendasikan untuk servis AC mobil …

Ya Om… Agar AC tetap sejuk dan beroperasi normal, perlu perawatan rutin.

Ya … tidak hanya mesin mobil, AC mobil juga perlu diservis secara berkala, termasuk service baru, light duty, dan heavy duty.

Fresh Service terdiri dari mengganti kabin filtrasi dan membersihkan kipas angin. Untuk perawatan ini, dianjurkan melakukannya setiap 3 bulan atau setiap 10.000 km perjalanan.

Selama ini, service ringan atau pencucian merupakan pekerjaan yang meliputi service baru ditambah penggantian refrigerant, dryer dan oli ND 8. Untuk treatment ini disarankan dilakukan setiap 40.000 kilometer, sehingga umur kompresor lebih lama.

Kemudian yang terakhir adalah servis berat atau, sederhananya, semacam servis besar. Rekomendasi dibuat setiap 80.000 km jarak tempuh agar performa sistem pendingin kembali ke kondisi optimal.

Cakupan layanan mencakup layanan baru, layanan ringan / cuci, dan penggantian ekspansi depan-ke-belakang, serta pembersihan evaporator.

Selain ketiga jenis service ac di Batam tersebut, Om Bro juga disarankan untuk melakukan perawatan sendiri setiap 3 bulan sekali yaitu membersihkan filter dengan menyemprotkan air pada bagian depan kondensor saat Om Bro sedang mencuci mobil. (Sepeda gunung – periode layanan AC mobil).