Kategori
Umum

Jenis-Jenis Sepeda Khusus

Michellehatchermedia –┬áSepeda dirancang dan dilengkapi dengan fitur-fitur khusus, sangat berbeda dengan sepeda pada umumnya, dan penggunaannya sangat terbatas.

Sepeda BMX / Sepeda BMX

BMX adalah singkatan dari sepeda motorcross. Sepeda ini memiliki roda yang relatif kecil (biasanya 20 inci), rangka dan garpu kaku, roda gigi kaset tunggal (hanya satu gigi), setang tinggi, dan sedikit fitur mekanis, yang membuatnya sederhana dan mudah perawatannya. Penunjukannya bisa untuk berlari, gaya bebas, atau melompat. Sepeda ini sangat digemari dan memiliki banyak komunitas.

Sepeda fixed gear / sepeda fixie

Sepeda dengan sistem traksi yang tidak memiliki mekanisme freewheel. Artinya pedal dan rodanya saling menempel, sehingga selama sepeda bergerak maju atau mundur, pedal tersebut tetap bergerak. Sepeda ini populer untuk bepergian dan bergaya. Lebih bergaya jika menggunakan jersey sepeda custom

Sepeda jelajah

Sepeda Onthel, Sepeda Unta, Sepeda Janda, Pit Pancal adalah beberapa nama sepeda ini yang ada di Indonesia. Ini digunakan untuk bersepeda santai atau bepergian, bukan untuk kecepatan. Ban besar, jok nyaman dan juga posisi nyaman, seringkali ada penumpang di belakangnya.

Sepeda kargo

Sepeda yang memiliki rangka yang sangat kuat, terkadang rangkanya juga panjang, sehingga mampu menahan beban yang tidak sedikit.

Sepeda listrik

Sepeda ini memiliki baterai dan motor yang dapat membantu menggerakkan sepeda. Sebuah sensor dipasang untuk mengukur gaya dorong pedal dan motor listrik akan bekerja sesuai dengan itu. Diindikasikan untuk orang yang tidak kuat atau yang tidak ingin lelah tetapi ingin menikmati sensasi bersepeda.

Sepeda Wanita

Jenis motor ini bisa apa saja, yang membedakannya adalah bentuk rangkanya, setang dan joknya didesain menyesuaikan dengan bentuk tubuh wanita. Misalnya, top tube lebih pendek dari sepeda biasa, sehingga jarak antara jok dan setang lebih pendek. Bias tersebut juga disingkat agar lebih nyaman bagi wanita. (Lihat contoh di bawah ini untuk perbandingan merk dan tipe yang sama seperti gambar sepeda diatas)

Sepeda lipat

Sepeda ini bisa dilipat dan disimpan di dalam tas tangan. Memudahkan pengangkutan dan penyimpanan, cocok untuk ruang penyimpanan yang sempit dan terbatas di rumah atau di kantor. Ringan, mudah dilipat, sehingga mudah dibawa saat bepergian.

Sepeda anak

Sepeda sangat kecil hingga kecil. Dimensi roda berkisar dari 12, 16, 20 hingga 24 inci. Tidak disarankan untuk membeli sepeda yang terlalu besar untuk anak, karena kita cenderung berpikir bahwa anak tersebut akan menjadi tua, karena hal ini akan mempengaruhi cara mereka berkendara, kepercayaan diri dan keselamatan mereka. Sepeda dengan ukuran yang tepat adalah sepeda yang nyaman digunakan anak Anda dan dapat berdiri di atas sepedanya dengan kaki di tanah.

Sepeda dorong, juga dikenal sebagai sepeda keseimbangan, juga bisa menjadi pilihan untuk sepeda anak dasar, sejenis sepeda tanpa pedal untuk melatih anak menyeimbangkan sebelum bersepeda normal.

Sepeda stasioner

Ini adalah sepeda yang biasa Anda temukan di gym, sepeda yang tidak bergerak, untuk latihan mengayuh. Kursi dan pedal dapat disetel dengan nyaman untuk semua orang.

Sepeda dengan suspensi dan rangka khusus serta tahan terhadap jalan menurun. Bentuk rangka yang berorientasi ke atas disebabkan oleh fakta bahwa perjalanan suspensi depan sangat panjang.