Kategori
Teknologi

Merubah Ekonomi Masyarakat 3T dengan Satelit Telkom Anyar

Michellehatchermedia – Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah penduduk yang besar, terbesar keempat di dunia. Sebaran penduduk terbagi dari Sabang hingga Merauke dan laut memisahkan puluhan ribu pulau. Di tengah perbedaan yang ada, Indonesia tetap menjadi entitas yang menghadapi masalah dan tantangan yang sama, sehingga kesetaraan informasi dan pengetahuan mutlak diperlukan. Menyebarkan melalui kunjungan langsung bukanlah solusi yang tepat, mengingat hanya dengan pesawat dibutuhkan waktu beberapa jam untuk dapat berpindah dari satu pulau ke pulau lain, belum lagi mencapai tempat yang tepat melalui darat atau laut.

Di sisi lain, jarak bukan lagi menjadi kendala jika seseorang mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dengan baik seiring dengan kemajuan yang ada. Kalaupun mereka tinggal di daerah yang termasuk dalam kategori 3T (Terdepan, Terluar, Terpencil), mereka tetap bisa mendapatkan informasi secepat dan sesingkat saudara mereka di kota besar hanya dengan tangan. Sebuah perangkat smartphone yang kini menawarkan beragam fungsi dengan kemudahan penggunaan dan harga yang terjangkau sudah cukup menjadi solusi, penggunaannya di masyarakat cukup umum.

Masalah selanjutnya muncul dari kualitas jaringan telekomunikasi yang digunakan oleh telepon seluler. Sinyal harus kuat, stabil dan mampu menahan berbagai kondisi yang kita hadapi, bahkan pada saat terjadi petir. Jaringan ini mengandung sejumlah besar konten yang lewat pada saat tertentu dan konten ini menentukan nasib bangsa Indonesia sampai batas tertentu. Tidak semua konten ini dapat diketahui secara bebas oleh komunitas global dan sudah sepantasnya kita menggunakan satelit untuk melindungi konten ini.

Satelit bukan hanya sekedar komunikasi antara penduduk suatu daerah dengan penduduk daerah lain, bukan hanya sekedar melaporkan kejadian di suatu daerah agar bangsa Indonesia secara keseluruhan dapat mengetahui dan meresponnya. Selain itu, satelit dapat membantu masyarakat di daerah terpencil untuk meningkatkan dan berkembang dalam kehidupan mereka dengan mendukung kreativitas mereka untuk membawa mereka ke dalam dunia industri yang kompetitif. Masyarakat tidak bergantung pada mata pencaharian konvensional atau tangan ramah pemerintah, mereka dapat mengurangi ketimpangan dan menyamakan kehidupan mereka seperti di kota besar.

Satelit Telkom baru

Negara tentunya memberikan perhatian yang besar dalam memberikan pelayanan dan membangun infrastruktur untuk memajukan kehidupan berbangsa. Untuk itulah PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (terdaftar di bawah kode TLKM di Bursa Efek Indonesia), sebuah perusahaan telekomunikasi milik negara dengan reputasi dan portofolio layanan yang tak terbantahkan, juga telah berperan dalam memajukan komunikasi digital dengan meningkatkan layanan dari Internet. Hal itu dilakukan dengan meluncurkan satelit Telkom 3S terbaru pada Rabu 15 Februari 2017 pukul 04.39 WIB. Dikutip dari Kompas edisi Kamis, 16 Februari 2017, satelit yang diproduksi oleh Thales Alenia Space Prancis itu memasang roket Ariane-5ECA untuk diluncurkan dari Pusat Antariksa Guyana ke slot orbitnya pada koordinat bujur 118 derajat. Timur, tepat di atas Kalimantan. Isla Satelit baru ini memiliki masa hidup tujuh belas tahun dan menelan biaya investasi hingga US $ 300 juta. Hal ini sangat baik bagi masyarakat Indonesia khususnya bagi masyarakat Pulau Kalimantan.
Seperti yang kita ketahui, kita memiliki perbatasan darat dengan Malaysia di pulau Kalimantan dan kita harus terus berupaya untuk menyediakan koneksi internet dengan menggunakan infrastruktur bangsa.

Manfaat bagi masyarakat lokal 3T

Internet merupakan prasyarat mutlak untuk menjalankan toko online yang kini mudah dibuka. Jika Anda harus mendesain situs web Anda di masa lalu, sekarang ada pasar yang mengumpulkan penjual dengan serba-serbi. Selama ada kemauan, keseriusan dan produk yang dijual, masyarakat lokal 3T juga bisa bersaing dengan menjual produknya sendiri dan ini harus didukung dengan kekuatan jaringan internetnya.

Barang apa yang akan dijual? Dibutuhkan lebih banyak kreativitas agar tidak terjebak di pasar oleh jenis produk yang penawarannya sudah berlebihan dan masuk dalam kategori jenuh, disini masyarakat 3T lokal kembali menggunakan internet untuk mencari kebutuhan pasar, mencari ide dan memastikan produk yang akan dihasilkan. dibuat belum populer di pasaran. Produk ini dapat dibuat dari bahan yang tersedia dan masih diproduksi di wilayah Anda dengan memanfaatkan kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bagaimana cara memproduksinya? Internet dapat digunakan kembali untuk menemukan metode produksi yang efektif dan efisien dengan hasil produksi yang memuaskan. Kita tidak bisa sepenuhnya mengandalkan metode produksi konvensional ketika kita juga tidak harus mengandalkan semua metode produksi modern untuk menghasilkan produk dalam jumlah yang cukup, harga terjangkau, kualitas yang memuaskan dan keunikan yang nyata. Sebagian besar konten internet dapat diakses secara gratis, sehingga masyarakat di wilayah 3T bisa mengenyam pendidikan dengan mudah dan murah. Bagaimana cara memenuhi kebutuhan bahan baku yang kurang? Internet digunakan untuk mencari pemasok dengan waktu penyelesaian tercepat dan biaya terendah, tidak hanya dengan membeli dari pemasok terdekat tetapi juga dengan harga yang lebih tinggi.

Untuk siapa barang ini dipasarkan? Ketika pasar dengan rekber Anda menjadi tempat yang disukai untuk berbelanja online, orang harus memanfaatkannya dengan baik. Tawarkan harga dan promosi yang kompetitif, tulislah bahwa produk ini adalah kreativitas asli Indonesia untuk menambah daya tariknya. Jika perlu, buat blog pribadi untuk lebih mempromosikan produk. Pemasaran meluas tanpa harus mengeluarkan banyak modal untuk datang ke ibukota dan menghabiskan beberapa hari mempresentasikan produk di pameran. Bukan tidak mungkin, produksi pedesaan sudah diinternasionalkan!

Industri kreatif tidak selalu menghasilkan produk berupa barang fisik, tetapi juga karya seni digital. Blogger lokal, youtuber dan artis bisa mengirimkan konten yang menampilkan keindahan daerahnya dalam bentuk digital sehingga bisa dinikmati tanpa harus berkunjung terlebih dahulu. Hasil dari penjualan konten dan iklan digunakan untuk meningkatkan kehidupan mereka. Cek juga layanan Tanya Veronika Asisten Virtual dari Telkomsel.

Peluncuran satelit Telkom 3S membutuhkan kerja keras yang tidak cepat dan modalnya tidak murah. Memang benar satelit ini dapat dimanfaatkan sepenuhnya oleh masyarakat khususnya di kawasan 3T untuk meningkatkan kualitas hidup semua dan juga perekonomian bangsa Indonesia secara keseluruhan. Apa yang harus dilakukan sekarang? Pastikan ketersediaan perangkat pintar, latih pengguna Anda, dan biarkan mereka segera memulai bisnis mereka sendiri.