Kategori
Olahraga

Peraturan Futsal

Bikin jersey futsal –┬áLapangan futsal juga berbentuk persegi panjang seperti lapangan sepak bola. Garis samping yang memisahkan lapangan harus lebih panjang dari garis gawang. Dengan ukuran sebagai berikut:

Panjang: 25 – 42 meter dan lebar 15-25 meter.

Garis batas: Garis lebar 8 cm, artinya garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung dan garis melintang di tengah lapangan.

Lingkaran tengah: diameter 6 meter.

Area penalti: busur 6 meter per gol.

Garis penalti: 6 meter dari tengah garis gawang.

Garis penalti kedua: 12 meter dari tengah garis gawang.

Zona pergantian pemain: 6 meter (3 meter di setiap sisi garis tengah) di sisi tribun lapangan.

Bola sepak dalam ruangan memiliki diameter bervariasi dari 62 hingga 64 cm dan berat antara 400 dan 440 g. Jika bola rusak (patah), permainan harus dihentikan sementara.

Ukuran: nomor 4.

Lingkar: 62-64 sentimeter.

Berat: 390-430 gram.

Fleksi: 55-65 cm pada rebound pertama.

Bahan: kulit atau bahan lain yang sesuai (bahan yang aman dan tidak berbahaya).

Jumlah pemain tiap tim pada pertandingan futsal yaitu:

Jumlah maksimal pemain pada aturan futsal adalah lima pemain, satu-satunya penjaga gawang.

Jumlah minimal pemain untuk menyelesaikan pertandingan adalah dua pemain sebagai satu-satunya penjaga gawang.

Jumlah total pemain dengan cadangan maksimal: 7 orang.

Jumlah wasit resmi: 2.

Batas substitusi: tidak terbatas.

Penggantian pemain: semua pemain selain penjaga gawang dapat masuk dan keluar lapangan setiap saat, sehingga pergantian penjaga gawang hanya dapat dilakukan jika permainan dihentikan dan tentunya dengan izin dari wasit.

Selama permainan, pemain disarankan untuk mengenakan kaos bernomor, celana pendek, kaos kaki, bantalan lutut, dan sepatu dengan sol karet. Penggunaan sepatu bola juga tidak disarankan. Pasalnya, selain tidak nyaman, tentunya sol sepatu juga akan merusak medan. Perlengkapan lain yang dianggap berbahaya bagi pemain tidak diperbolehkan.

Dalam kasus penjaga gawang, sarung tangan tidak digunakan untuk dapat menembak bola dengan presisi. Penjaga gawang juga sering memakai celana dengan corak warna yang membedakannya dari pemain dan wasit lain.

Pemain memakai aksesori tambahan, tetapi yang terpenting, tidak terluka.

Wasit berdiri di sepanjang garis lapangan. Dalam sepakbola, posisi ini ditempati oleh seorang gelandang. Ia juga harus terus berlari mengikuti pergerakan bola sambil memantau jalannya pertandingan hingga terjadi kesalahan atau tidak.

Warna baju wasit harus berbeda dengan baju yang dipakai pemain. Wasit berhak memutuskan apakah permainan bisa dilanjutkan atau tidak. Dia juga berperan dalam melihat para pemeran melakukannya atau tidak. Dalam hal terjadi gol, wasit juga bertugas mencatat hasil laporan tersebut kepada panitia pertandingan.

Futsal juga menyadari keberadaan kedua wasit atau asisten wasit. Bantu wasit kepala selama pertandingan. Posisinya di sebelah lapangan permainan tempat wasit kepala berada.

Ia juga harus berlari dan memperhatikan pergerakan para pemainnya. Perannya sama persis dengan wasit kepala, namun dalam keputusan penting, misalnya ada pelanggaran serius di area penalti, harus tunduk pada keputusan wasit kepala, meskipun demikian dalam pengamatannya pelanggaran tersebut layak mendapat hukuman.

Terima kasih telah membaca Michellehatchermedia.