Kategori
Umum

Pengertian Musik Rock

Michellehatchermedia –┬áMusik rock adalah salah satu genre musik populer yang menjadi mainstream pada pertengahan 1950-an, akarnya berasal dari rhythm and blues, musik country 1940-an dan 1950-an, dan berbagai pengaruh lainnya. Selain itu, musik rock juga mengambil gaya dari berbagai musik lainnya antara lain musik populer (folk music), jazz, dan musik klasik.

Musik rock merupakan salah satu genre dalam dunia musik populer yang seringkali didominasi oleh vokal, gitar, drum, dan bass. banyak juga dengan tambahan instrumen seperti keyboard, piano dan synthesizer. Musik rock cenderung memiliki ketukan yang kuat dan didominasi oleh gitar, baik elektrik maupun akustik.

Karakteristik suara musik rock biasanya berkisar pada gitar elektrik atau akustik, dan penggunaan offbeat terutama terlihat pada bagian ritme dengan bass dan drum, dan keyboard seperti organ, piano, atau sejak tahun 70-an, synthesizer. Selain gitar atau keyboard, saksofon dan harmonika bergaya blues terkadang digunakan sebagai instrumen solo. Dalam bentuknya yang murni, musik rock “memiliki tiga akord, bakcbeat yang koheren dan mencolok, serta melodi yang menarik”.

Pada akhir 1960-an dan awal 1970-an musik rock berkembang menjadi berbagai jenis. Dicampur dengan musik folk (musik daerah di Amerika) ke folk rock, blues berubah menjadi blues-rock dan jazz berubah menjadi jazz-rock fusion. Pada 1970-an, rock menggabungkan pengaruh dari soul, funk, dan musik Latin. Juga pada tahun 1970-an, rock berkembang menjadi berbagai subgenre (subkategori) seperti soft rock, glam rock, heavy metal, hard rock, progressive rock, dan punk rock. Sub kategori rock yang muncul pada 1980-an termasuk New Wave, hardcore punk, dan rock alternatif. Di tahun 90an ada grunge, britpop, indie rock dan nu metal.

Sekelompok musisi yang berspesialisasi dalam musik rock disebut grup rock atau grup rock. Banyak grup rock yang terdiri dari gitaris, penyanyi solo, bassis, dan drumer (drumer) membentuk kuartet. Beberapa grup meninggalkan satu atau dua posisi sebelumnya dan / atau menggunakan penyanyi utama sebagai instrumentalis selain bernyanyi, membentuk duo atau trio. Grup lain memiliki musisi tambahan seperti dua ritme gitar dan / atau seorang keyboardist (keyboardist). Lebih jarang, penggunaan alat musik bersenar seperti biola, cello, atau alat musik tiup seperti saksofon, terompet atau trombon. Dan biasanya ada di drumband, buat kamu yang butuh Jual pakaian drumband bisa hubungi Hasna Seragam Drumband.

Basis musik rock adalah rock and roll dan rockabilly pada tahun 1950. Pada akhir tahun 1960-an banyak terjadi pencampuran genre musik lain dengan musik rock. Musik folk bercampur dengan Folk Rock, musik blues bercampur dengan Blues Rock dan musik jazz menjadi Jazz-Fussion Rock. Dan pada tahun 70-an, rock berkembang menjadi berbagai subgenre seperti soft rock, hard rock, heavy metal, dan punk. Di tahun 80-an berkembang berbagai subgenre, seperti glam metal, synth rock, trash metal, hardcore punk, alternative rock. Pada 1990-an subgenre baru adalah grunge style rock, britpop, indie rock, piano rock, dan nu metal.