Kategori
Teknologi

Perbedaan HP Pavilion Gaming 15 Ryzen 5 dan Ryzen 7

Michellehatchermedia –┬áPavilion Gaming Series adalah laptop HP entry-level yang ditawarkan kepada mereka yang tidak mampu membeli Seri Omen. Pavilion Gaming 15 Series memiliki beberapa SKU. Jika sebelumnya kita menjajal versi Intel, kali ini ada dua SKU yang sama-sama menggunakan AMD Ryzen. Beras 7 CPU dengan GTX 1650 4GB GPU dan Beras 5 dengan 1050 3GB GPU. Kedua laptop ini ibarat kembar karena memiliki tampilan fisik, dimensi, dan tampilan yang sama. Satu-satunya perbedaan adalah pada spesifikasinya yaitu CPU, GPU, power adapter dan storage. Selain itu, semuanya sama. Berikut rekomendasi laptop gaming dari duniamasa.

Spesifikasi

Nampaknya seri Pavilion Gaming memiliki beberapa SKU yang dibedakan sesuai spesifikasinya. Supaya kamu tidak bingung, SKU untuk Ryzen 5 dan Ryzen 7 yang kami uji, masing-masing memiliki nama lengkap HP Pavilion Gaming 15-ec0001AX dan HP Pavilion Gaming 15-ec0002AX.

Rancangan

Seperti yang kami katakan sebelumnya, kedua laptop ini seperti kembar. Mereka semua sama secara fisik dan penampilan. Dan berbeda dengan seri Omen yang memiliki spelura yang sangat kuat, seri Pavilion Gaming terlihat lebih kalem. Tampak minimalis namun bernuansa modern dan kekinian. Seluruh bodi dilapisi metal di covernya. Di bagian tengahnya terdapat logo HP berwarna silver. Dan di dekat keyboard, bahannya bahkan lebih lembut. Yang paling menyenangkan adalah lapisan ini tidak membuatnya mudah kotor dengan tangan Anda. Jangan dijadikan kotak untuk bagian belakang, tapi agak miring. Engselnya juga dibuat lebih panjang, tidak seperti versi Intel yang lebih pendek, dapat membuka layar hanya dengan satu tangan. Lebih bagus, meski murah, tapi kesanmu tetap bagus.

Ukuran

Seri ini tetap mengusung dimensi tipis dan ringan. Keduanya pun memiliki dimensi yang sama persis. Untuk ukuran panjang 36 cm dan lebar 25,7 cm. Buat ketebalannya 2,35 cm. Meskipun tidak terlalu tipis, ingatlah, ini adalah laptop, terutama karena GPU-nya tidak menggunakan Max-Q. Jadi masih cukup tipis walaupun bukan yang tertipis. Dan untuk bobotnya hanya 2,2 kg. Masih nyaman dan tidak terlalu tegang saat dibawa kemana-mana di dalam koper.

Layar

Layar IPS memiliki ukuran dan resolusi yang sama dan dibuat oleh AU Optronics. Namun tipe yang digunakannya sepertinya berbeda dengan Ryzen 5 yang menggunakan tipe B156HW02. Kemudian Ryzen 7 menggunakan tipe AUO20ED. Dimana bedanya? Menurut CPU yang digunakan, spesifikasi panel yang digunakan Ryzen 5 sebenarnya lebih rendah. Untuk Ryzen 5, layarnya memiliki 68% sRGB, 60% NTSC dan 51% AdobeRGB. Dan untuk Ryzen 7 yang lebih baik, layarnya memiliki 99% sRGB, 45% NTSC, dan 77% AdobeRGB. Dan keduanya memiliki kecepatan refresh 60Hz yang sama. Untuk memudahkan kenyamanan Anda, sebaiknya sudah menggunakan anti silau agar Anda tidak terpancar akibat pantulan cahaya. Dan karena sudah IPS, masih bagus jika dilihat dari berbagai sudut. Hanya dari tingkat kecerahan, versi Ryzen 7 terlihat lebih baik dan lebih cerah.

Papan ketik

Ini memiliki keyboard lengkap, tombol menggunakan font yang sama dengan versi Intel. Sudah menggunakan satu warna lampu yaitu hijau dengan dua tingkat kecerahan. Kami lebih suka warna yang satu ini daripada RGB yang sibuk. Tapi ya, itu sesuai selera masing-masing. Untuk layout, terdapat area numpad, tombol multimedia, border keyboard tipis, dan lampu notifikasi pada tombol Caps Lock. Oleh karena itu, Anda dapat mengetahui apakah capslock aktif kembali. Ini juga memisahkan tombol on / off. Bukan di area keyboard. Untuk perasaannya juga sangat keren dan tidak ada masalah. Apalagi jika Anda sudah terbiasa. Tombolnya lembut dan tombol travel rendah.

Panel sentuh

Touchpad laptop level pemula rata-rata memiliki tampilan dan nuansa yang sama. Tidak standar. Touchpad ini mirip dengan laptop level pemula lainnya untuk kualitas bawaan. Terasa pas kalau mau klik kiri atau kanan, yang harus ditekan agak keras. Tapi untuk fondasinya, cukup kasar dan bagus untuk navigasi. Tak ketinggalan, touchpad ini sudah mendukung multi gesture dengan menggunakan empat jari.

Webcam

Kamera web memiliki resolusi 720p dan tidak ada yang unik. Posisi standar saja di atas, karena ring yang digunakan laptop ini tidak terlalu tipis. Pengambilan gambar cukup bagus karena pergerakan objek yang ditangkap terlihat mulus dan tidak pecah-pecah.

Baterai

Kami sangat menyukai masa pakai baterai keduanya. Meski memiliki nama gaming, nampaknya memiliki baterai yang cukup panjang untuk digunakan beraktivitas ringan. Keduanya memiliki baterai berkapasitas 52,5 Wh. Namun karena CPU-nya berbeda, nampaknya hasil pengujian baterainya juga berbeda. Menggunakan daya tahan baterai PCMark dengan skenario mode power saving, brightness paling rendah dan mematikan wifi, daya tahan versi Ryzen 5 sepertinya lebih lama. Untuk versi Ryzen 5, hasil pengujian baterai bertahan hingga 6 jam 45 menit. Dan versi Ryzen 7 dapat bertahan hingga 6 jam 18 menit. Tidak banyak perbedaan. Dan secara umum, daya tahan ini adalah yang terlama selama pengujian untuk laptop entry level. Karena biasanya hanya butuh waktu empat jam yang sama. Besar.

Sepertinya HP Pavilion Gaming 15 mencoba menawarkan opsi berbeda dengan hadirnya SKU berbeda dari kubu yang berbeda. Ada Intel, ada AMD, ada Radeon dan ada juga pilihan dari seri GeForce. Sehingga konsumen dapat dengan bebas memilih sesuai dengan kebutuhannya. Namun jika melihat performanya, keduanya saat ini kencang dan memenuhi ekspektasi spesifikasinya. Sepertinya selama tes tegangan di mana frekuensi clock cukup tinggi. Cuma jika dibandingkan dengan versi Ryzen 5 dan Ryzen 7, perbedaannya tidak terlalu jauh. Suhunya masih cukup nyaman dan aman. Mungkin karena ia memiliki inti dan utas yang sama dan penyetelan pada Ryzen 5 cukup maksimal.

Begitulah, jika Anda melihatnya, Anda tidak malu. Lumayan keren, meski minimalis. Dimensinya pas, tidak terlalu besar dan tidak berat. Ada lampu belakang berwarna hijau yang terlihat keren. Opsi peningkatan juga bagus, karena semuanya ada di sana. Dan yang juga kami sukai adalah masa pakai baterai. Paling awet di kelasnya. Jadi kalau digunakan untuk aktivitas ringan seperti ngetik atau kerja internet atau nongkrong masih aman, walaupun di sekitar kita tidak ada listrik. Nah untuk harga, HP kembali mendapatkan kategori termurah dengan performa dan fitur yang nyaris sempurna. Untuk versi Ryzen 5, laptop ini berharga 9.999.000. Lanjutkan dengan versi Ryzen 7 dengan harga Rp 13.999.000. Lumayan, perbedaan itu masuk akal bagi kami.