Kategori
Teknologi

Review HP Murah Dengan Baterai Kuat: Redmi 9A

Michellehatchermedia –┬áSelain jajaran smartphone-nya yang terbilang murah, Xiaomi resmi meluncurkan Redmi 9A di Indonesia. Perangkat yang satu ini memiliki harga yang murah namun memiliki spesifikasi hardware yang menarik di kelasnya. Sementara itu, Redmi 9A mengusung baterai berkapasitas tinggi yang diklaim Xiaomi bisa bertahan lama dan desain yang ditawarkan pada smartphone ini tidak terlihat murahan meski berada di segmen entry level. Dengan harga dan fitur yang ditawarkannya, Redmi 9A bisa jadi salah satu pilihan smartphone di kisaran harga Rp. 1 juta? Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak ulasan Www.teknoride.com sebagai berikut.

Xiaomi Redmi 9A memiliki layar berukuran 6,53 inci yang memenuhi bagian depan penuh plus poni berbentuk tetesan air di bagian atasnya. Dengan desain layar ini saya bisa dengan leluasa menonton video, melihat foto dan bermain game. Sedangkan layarnya memiliki resolusi HD + (1600 x 720 piksel) dan berteknologi IPS LCD yang masih dapat menampilkan konten dengan baik. Adanya dukungan Sunlight Mode membantu saya melihat konten di layar dengan jelas, bahkan saat berada di bawah terik matahari.

Selain mengecilkan tepi layar atas, poni juga digunakan untuk menyimpan kamera depan. Kalau belok ke belakang, ada kamera dan LED flash yang dipasang di kanan dan kiri atas. Meski menggunakan material plastik, namun bodi belakangnya tetap terlihat menarik karena menggunakan desain emboss berupa garis-garis lengkung. Selain karena Redmi 9A terlihat bagus, sidik jari dan noda debu sulit dipegang.

Sayangnya, tidak ada case ekstra dalam paket penjualannya, sehingga Anda perlu membeli produk pihak ketiga jika ingin melindungi ekstra bagian belakang smartphone ini. Di bagian bawah Redmi 9A terdapat port microUSB dan lubang speaker. Sedangkan tombol power dan volume ada di sisi kanan smartphone ini. Jika slot kartu microSD berada di sisi kiri, audio jack 3.5mm berada di atas Xiaomi Redmi 9A. Dari sektor fotografi, Redmi 9A memiliki kamera belakang beresolusi 13 MP plus LED flash. Sebagai smartphone murah, bisa dibilang aplikasi standar untuk kamera smartphone memiliki fitur yang minim. Kamera belakang utama bisa menghasilkan foto dengan hasil yang bagus pada kondisi siang hari, namun seiring berganti malam, foto mengeluarkan banyak noise. Menurut saya, Xiaomi perlu meningkatkan kemampuan fotografi malam hari. Sedangkan kamera depan smartphone ini hanya beresolusi 5 MP yang menghasilkan foto yang cukup bagus untuk dibagikan di jejaring sosial.

Untuk menurunkan harga lebih murah, Redmi 9A tidak dibekali sensor sidik jari. Namun, fitur Face Unlock yang disematkan di smartphone ini memungkinkan pengguna untuk membuka kunci layar dengan wajah mereka. Sedangkan untuk sektor hardware, Redmi 9A memadukan chipset MediaTek Helio G25 Octa-Core dengan RAM 2 GB dan penyimpanan internal 32 GB. Bisa dibilang smartphone ini masih bisa membuat berbagai aplikasi bekerja dengan lancar.

Namun, kapasitas RAM yang tidak terlalu besar memungkinkan Redmi 9A menampilkan animasi yang terkadang pecah saat menjalankan terlalu banyak aplikasi karena mudah penuh. Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak menjalankan banyak aplikasi dan memprioritaskan aplikasi yang paling penting untuk digunakan. Dilihat dari hasil pengujian aplikasi harian, permainan game dan aplikasi benchmarking, dapat dikatakan Redmi 9A memiliki performa yang baik untuk bersaing dengan smartphone low end lain di Indonesia.