Kategori
Teknologi

Tips Membeli Smartphone Berkualitas

Michellehatchermedia –┬áKamu masih bingung mau beli smartphone bekas? Membeli smartphone bekas memang jauh lebih murah, tapi kamu harus lebih teliti memilih smartphone bekas yang akan kamu beli supaya bisa mendapatkan smartphone bekas yang kondisinya masih bagus.

Biar tidak bingung, berikut adalah tips Smartphoneku.com dalam memilih smartphone bekas yang masih berkualitas.

1. Beli Barang Brand New Open Box

Barang brand new open box harganya sudah pasti lebih murah dari pada yang masih di dalam box, tetapi bisa lebih mahal sedikit dari barang yang second. Barang brand new open box biasanya si penjual itu salah beli lalu kemudian dijual Kembali dengan harga yang lebih murah. Pastikan kamu mencari barang brand new open box yang bergaransi resmi.

2. Cari yang Garansi Masih Aktif

Cari barang yang masih bergaransi, Kalau susah mendapatkan barang yang masih bergaransi, cari barang lain yang garansinya mau habis bukan smarphone yang sudah lama dipakai.

Tetapi biasanya barang dengan garansi yang masih aktif harganya akan relatif lebih mahal, wajar karena garansi itu yang paling penting terutama untuk barang elektronik seperti smartphone.

3. Barang Old Stock

Beli barang yang Old stock atau barang lama, namun barang lama biasanya sudah tidak bergaransi atau sudah kadaluarsa garansinya. Untuk berjaga jaga, gunakan metode transaksi COD supaya kamu bisa ngecek langsung kondisi smartphone yang mau kamu beli seperti apa kondisinya. Dengan membeli stok lama maka kamu akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah.

4. Harga yang Tidak terlalu Murah

Jangan sampai tergiur dengan harga yang sangat murah, bisa jadi itu barang palsu atau sudah rusak atau bisa juga yang dijual merupakan barang curian. Smartphone bekas memiliki patokan harga bekas, kalau harganya lebih murah maka kamu harus mewaspadainya jangan sampai tertipu.

5. Cari Toko/Penjual yang Reputable

Jika kamu mau beli barang secara online, supaya kamu ga kecewa Ketika barang sampai, carilah took atau penjual yang memiliki reputasi yang bagus. Lihat review barang dari buyer yang telah membeli di toko tersebut. Kalau komentar rata rata jelek, cari sampai dapat toko yang memiliki review yang bagus, dengan begitu berarti toko tersebut bisa dipercaya.

6. Cek Kondisi Fisik Smartphone

Bagian ini merupakan bagian yang sangat penting saat memilih smartphone bekas. Jika terdapat kerusakan yang fatal seperti layar atau body smartphone retak sebaiknya dihindari, tetapi jika kerusakannya hanya sekedar lecet saja itu masih bisa ditoleransi.

Kamu coba satu persatu soketnya, mulai dari port charger, earphone, sim card, memory card dan lihat apakah semuanya masih berfungsi dengan normal atau tidak.

Tanyakan juga kelengkapan smartphone. Akan semakin bagus jika si penjual masih menyimpan kotak, charger, earphone dan segala kelengkapan yang didapatkan Ketika membeli smartphone pertama kali.

7. Pastikan Semua Fitur Smartphone Berfungsi

Ketika kamu melihat smartphone dengan kondisi fisik yang masih oke, jangan langsung dibeli dulu. Lakukan pengecekan semua fitur smartphone apakah berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya. Ada beberapa hal yang harus kamu pastikan terlebih dahulu, seperti :

  • Periksa semua konektivitas, seperti WiFi, Bluetooth, GPS, jaringan seluler.
  • Pastikan responsivitas layar sentuh berjalan dengan normal
  • Periksa hasil kamera.
  • Periksa proximity sensor, sensor ini berfungsi mengatur jarak, biasanya akan aktif Ketika sedang menelepon.