Kategori
Dekorasi

Tips Memilih Meja Makan Yang Tepat

Michellehatchermedia – Memiliki ruang makan yang indah dan nyaman adalah impian setiap keluarga. Di ruangan ini kita bisa menghabiskan waktu bersama dengan mengobrol sambil menyantap hidangan favorit. Salah satu penunjang kenyamanan ruang makan tentunya adalah pemilihan furnitur yang tepat. Sebagai pelengkap ruang makan, kamu jelas harus menentukan furnitur apa saja yang akan diletakkan, seperti satu set meja makan, lemari makan, dan furnitur penunjang lainnya. Di zaman sekarang ini banyak sekali pengrajin mebel yang menawarkan berbagai jenis furnitur ruang makan dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang memuaskan.

Berikut ini merupakan beberapa tips memilih meja makan yang tepat supaya kamu dan keluarga nyaman saat menghabiskan waktu di ruang makan:

1. Sesuaikan dengan ukuran ruangan

Hal yang pertama kali harus kamu perhatikan adalah ukuran ruangan. Sesuaikan ukuran meja makan beserta furnitur yang akan dipilih dengan ukuran ruang makanmu. Apakah ruanganmu cukup luas ataukah minimalis? Berapa pula jumlah anggota keluarga inti yang akan makan bersama di ruang makan? Perlu diingat, jangan sampai ukuran meja makan yang dibuat atau dipilih terlalu besar sehingga tidak ada banyak ruang gerak yang membuat tidak nyaman. Perhitungkan pula jarak antara kursi dan meja makan sehingga kamu dan keluarga masih bisa bermobilitas dengan mudah.

2. Pilih bentuk meja makan yang sesuai

Selain menentukan ukuran, kamu juga perlu memilih bentuk meja makan yang akan diletakkan untuk mempercantik ruangan makanmu. Apabila kamu memiliki ruangan yang cukup luas, kamu bisa memilih meja makan berbentuk persegi panjang, yang memungkinkan adanya ruang tambahan apabila ada anggota keluarga lain/sanak keluarga datang berkunjung. Namun apabila ruang makanmu minimalis kamu bisa mensiasatinya dengan memilih meja makan berbentuk bundar/oval.

3. Material/bahan dari meja makan

Pemilihan bahan atau material dari meja makan juga sangat penting untuk dipikirkan. Selain dari segi keindahan dan estetika, diperlukan juga pertimbangan mengenai keawetan dari material meja makan yang akan dipilih. Saat ini banyak sekali berbagai macam material/bahan kayu yang bisa dijadikan alternatif pilihan, seperti kayu eboni, trembesi, hingga kayu jati. Bahan kayu inipun menentukan harga jual dari satu set furnitur meja makannya. Untuk kamu yang menginginkan meja makan berbahan kayu utuh dan dengan harga yang cukup terjangkau, kamu bisa memilih meja makan trembesi sebagai alternatif untuk menghias ruang makanmu. Kayu trembesi memiliki kesan kokoh dan awet apabila dijadikan bahan meja makan. Dari harga jualnya pun lebih ekonomis dibanding dengan jenis kayu jati.

4. Perhatikan ketebalan meja makan

Berbeda dengan furnitur lainnya, ketebalan meja makan juga penting untuk diperhatikan. Rata-rata ketebalan meja makan yang standar adalah berkisar 4-15 cm. Ketebalan tersebut dapat kamu temukan pada jenis kayu trembesi yang berkisar lebih dari 3 cm. Sehingga trembesi sangat cocok dijadikan sebagai bahan/material dari meja makan. Sekarang kamu tidak perlu khawatir karena pengrajin kayu trembesi sudah banyak tersebar di wilayah Pulau Jawa dan Kalimantan.

Setelah menentukan pilihan meja makan yang tepat, jangan lupa melakukan perawatan terhadap bahan meja makan tersebut. Beberapa bahan meja makan mungkin akan awet tanpa perawatan, namun adapula yang terkadang memerlukan obat anti rayap. Memelihara furnitur dengan cara yang tepat akan membuat barang tetap awet dan kamu tidak perlu menyiapkan budget tambahan untuk memperbaiki kerusakan pada furnitur.